Monday, May 16, 2011

Dialog Nabi dengan Iblis

Naskah ini adalah sebuah rangkuman dari kitab Sajaratul Kaun oleh Muhyiddin Ibnu al-'Arabi. Inilah dialog Nabi dengan musuh abadi manusia, Iblis. Dialog tersebut terjadi ketika Nabi bersama para sahabat sedang di rumah salah satu sahabat dari golongan Anshar. Tiba-tiba ada yang memanggil dari luar ingin masuk.

Ibnu Abbas berkata, "Maka dibukalah pintu, kemudian Iblis masuk ke tengah-tengah kami. Ternyata dia adalah seorang yang sudah tua bangka dan buta sebelah mata. Dagunya berjanggut sebanyak tujuh helai rambut yang panjangnya seperti rambut kuda, kedua kelopak matanya [masyquqatani] memanjang [terbelah ke-atas, tidak kesamping], kepalanya seperti kepala gajah yang sangat besar, gigi taringnya memanjang keluar seperti taring babi, kedua bibirnya seperti bibir macan / kerbau [tsur]."

Banyak sekali hikmah yang bisa kita petik dari membaca dialog dua makhluk yang berlainan alam ini. Semoga dengan membaca rangkuman risalah ini, kita semakin mengenali musuh sejati kita. Sehingga kita bisa terhindar dari bujuk rayunya.

Anda bisa mengunduh melalui link berikut: Download e-Book
File Name: Dialog Muhammad SAW dengan Iblis
File Type: PDF
File Size: 139 kB

******

No comments:

Post a Comment