Saturday, March 16, 2013

Sahih Sunan Tirmidzi

Selain dikenal dengan sebutan Kitab Jami' Tirmidzi, kitab ini juga dikenal dengan nama Sunan at-Tirmidzi. Di kalangan muhaddisin (ahli hadits), kitab ini menjadi rujukan utama, selain kitab-kitab Hadits lainnya dari Imam Bukhori maupun Imam Muslim.

Kitab Sunan Tirmidzi dianggap sangat penting lantaran kitab ini betul-betul memperhatikan ta'lil (penentuan nilai) Hadits dengan menyebutkan secara eksplisit Hadits yang sahih. Itu sebabnya, kitab ini menduduki peringkat ke-4 dalam urutan Kutubus Sittah, atau menurut penulis buku Kasyf Az Zunuun, Hajji Khalfah (w. 1657), kedudukan Sunan Tirmidzi berada pada tingkat ke-3 dalam hierarki Kutubus Sittah.

Tidak seperti kitab Hadits Imam Bukhori, atau yang ditulis Imam Muslim dan lainnya, kitab Sunan Tirmidzi dapat dipahami oleh siapa saja, yang memahami bahasa Arab tentunya. Dalam menyeleksi Hadits untuk kitabnya itu, Imam Tirmidzi bertolak pada dasar apakah hadits itu dipakai oleh fuqaha (ahli fikih) sebagai hujjah (dalil) atau tidak. Sebaliknya, Tirmidzi tidak menyaring hadits dari aspek hadits itu dhaif atau tidak. Itu sebabnya, ia selalu memberikan uraian tentang nilai hadits, bahkan uraian perbandingan dan kesimpulannya.

Anda bisa mengunduh melalui link berikut: Download e-Book
File Name: Ringkasan Sahih Muslim
File Type : CHM (tidak bisa buka file chm?)
File Size  : 3,25 MB

Artikel terkait : Ringkasan Sahih Muslim.

No comments:

Post a Comment